Pages

13.12.09

Rangkuman TIK bab 1

BAB 1 Pengenalan Internet

-Internet: sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa situs. protokol sekunder pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Interner Protocol). komputer yang terhubung ke jaringan memiliki IP dalam bentuk numerik dengan format tertentu. merupakan singkatan dari Interconnected Network.


-World Wide Web (WWW): sistem berisi informasi dalam bentuk teks, gambar, dll. web dapat diakses oleh web client (browser). untuk memudahkan penelusuran web, maka digunakan search engine. WWW menggunakan format hypertext dan hypermedia.


-E mail: aplikasi yang memungkinkan para pengguna untuk berkirim surat melalui internet. e-mail dikelompokkan dalam 2 basis: Web dan Client. belakangan ini dikembangkan standar baru yang disebut MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions). MIME tersebut memungkinkan untuk mengirim file melalui attachment/lampiran.


-Mailing List/Milis: group diskusi dimana kita bisa saling memberi tanggapan terhadap topik yang dibicarakan melalui e-mail.


-Newsgroup: media yang digunakan untuk bekomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.


-IRC (Internet Relay Chat): media yang digunakan untuk berkomunikasi dalam sebuah channel, media yang digunakan untuk chatting (ngobrol di internet)


-File Transfer Protocol: perangkat internet yang digunakan untuk mendownload dan mengupload file


-Telnet: aplikasi yang dapat digunakan apabila kita mempunyai IP serta ID dari komputer yang akan kita akses, dan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.


-Gopher: protokol untuk mendistribusikan dokumen menggunakan sistem berbasis menu. awalnya dikembangkan di Universitas Minnesota; saat ini suah banyak digantikan oleh search engine.


-Ping: Program Utilitas yang digunakan yangng digunakan untuk memeriksa/mengecek jaringan berbasis TCP/IP. pengecekan tersebut dilakukan dengan mengirimkan sejumlah packet data.


Manfaat Internet:
1) sarana untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan murah
2) sebagai sarana penelitian dan pengembangan
3) sebagai media promosi
4) sebagai perekat jaringan/hubungan sosial
5) sebagai sarana pertukaran data, dsb.


Sejarah Perkembangan Internet:
Jaringan internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPA-net, yang tujuannya untuk tetap bisa mengontrol pihak lawan dan keadaaan pihak sendiri. di awal 1980an ARPA-net terpecah menjadi 2 jaringan: Arpa-NET DAN Milnet. pada mulanya, jaringan interkoneksi disebut dengan DARPA internet, tapi lama kelamaan menjadi internet saja.


Berikutnya, protokol standar TCP/IP diperkenalkan pada tahun 1982, disusul penggunaan sistem DNS pada tahun 1984. pada tahun 1986 lahir NSF-NET yang dapat menghubungkan berbagai jaringan akademis dan konsorsium lainnya di Amerika. jaringan ini berkembang dan pada akhirnya menggantikan ARPA-net, yang pada akhirnya bubar pada bulan Maret 1990.


Pada awalnya, internebt hanya menawarkan layanan berbasis text. layanan berbasis WWW yang kita kenal saai itu masih belum ada. kemajuan dicapai pada 1990 ketika WWW mulai dikembangkan oleh CERN ( laboraturium fisika di Swiss ). WWW browser yang pertama kali lahir 2 tahun kemudian bernama Viola. viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.


Penggunaan internet secara komersial dimulai pada tahun 1944 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke masyarakat umum. kita di Indonesia baru bisa menikmati internet komersial pada tahun 1994.


Interaksi secara elektronis
E-Commerse
transaksi perdagangan melalui jaringan internet


E-Banking
Aktivitas perbankan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet


E-Government
pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan


E-Learning
Proses pembelajaran melalui internet


Web Site/Situs
kumpulan halaman yang masing-masing dihubungkan oleh link dalam internet. unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:
-Domain Name: Alamat permanen situs di dunia internet, istilah umumnya adalah URL.
-Hosting: Ruangan dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data yang akan ditampilkan si situs, macam hosting
  • Scripts/bahasa program: bahasa  yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang kita akses
  • Web Design: Desain untuk web, semakin bagus desainnya maka semakin banyak pula visitor site tersebut 
  • Publikasi: memperkenalkan site tersebut kepada masyarakat umum, agar diketahui banyak orang.

    No comments: